Jumat, 22 Maret 2013

Penjelasan tentang HOTSPOT


Malam , kali ini saya akan membahas tentang HOTSPOT , dari nama nya kita bisa terjemahkan ke bahasa Indonesia yaitu "Area Panas" , Area Panas ? hehe . Ini bukan suatu tempat yang menghasilkan panas , tapi Hotspot itu adalah Area yang memungkinkan Pengguna Komputer atau gadget lain yang di dukung teknologi Wireless . Nah , bagi anda yang belum tau apa itu wireles , Wireles adalah Jaringa Tanpa Kabel , Jadi anda dapat mengakses Internet dengan mengkoneksikan Komputer dan Gadget anda ke Radio Wireless , Biasanya wireless di setting bebas di akses oleh siapa saja yang ada di area tersebut .Wireless dapat anda jumpai di Cafe , Rumah makan Fastfood , Sekolah ,dan Mall yang menyediakan free wifi


Komponen utama pembentuk jaringan tanpa kabel (wireless networking) adalah Wireless Network Adapther baik yang berupa PCI Card, USB Card maupun PCMCIA, Access Point dan Antena (optional).
      Sistem komunikasi wireless pada umumnya bekerja pada frekuensi yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Area frekuensi 2,4 GHz pada umumnya akan sangat terganggu oleh peralatan-peralatan seperti :
1.   Cordless Telephone
2.   Microwave
3.   Medan magnet yang dihasilkan dari lemari pendingin, mesin air, Air Conditioner, dll.

      Frekuensi jaringan wireless yang digunakan tergantung dari jenis protokol apa yang digunakan pada sistem jaringan wireless tersebut. Standard protokol sitem wireless mengacu pada protokol standar 802.11x yang dikeluarkan oleh IEEE. 
Tabel di bawah adalah Standar protokol IEEE 802.11x

Jaringan komputer menggunakan sistem wireless terbagi menjadi dua macam, yaitu : 
1. ADHOC Mode 
2. Infrstructure Mode
Penjelasannya :
ADHOC Mode, setiap komputer yang akan terhubung ke jaringan wireless cukup hanya menggunakan sebuah Wireless Network Adapther, tanpa menggunakan suatu sentral komunikasi (Access Ponit) yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data. Sedangkan pada Infrstructure Mode, disamping menggunakan Wireless Adapther untuk dapat terkoneksi ke jaringan wireless dibutuhkan juga suatu sentral komunikasi (Access Ponit) yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data pada sistem jaringan tersebut. 

Nah , penjelasan tentang Hotspot sampai disini , nanti akan saya lanjutkan tentang konfigurasi jaringan Hotspot dengan Microtic OS.

Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Teknologi dan Informatika ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0